Cara Membuat Bagel Dasar Khas Eropa

Posted at March 9, 2016 9:52 by maressa bernadetta anastasya in Resep Kue

Cara Membuat Bagel Dasar Khas Eropa – Bagel merupakan salah satu jenis roti yang berasal dari Eropa Timur, lebih tepatnya berasal dari Polandia. Bagel memiliki bentuk unik seperti cincin seukuran dengan telapak tangan yang terbuat dari adonan tepung terigu dan ragi yang direbus kemudian dipanggang. Bagian dalam bagel memiliki tekstur yang padat serta kenyal, sedangkan bagian luarnya garing keras dan berwarna coklat muda. Jika dilihat, bagel hampir menyerupai dengan donat. Namun bagel tidak menggunakan telur dan mentega dalam bahan – bahannya. Dalam pengolahannya juga berbeda, jika donat digoreng sedangkan bagel direbus terlebih dahulu baru dipanggang.

Roti Bagel 61

Roti Bagel 61

Cara menyajikan kue bagel biasanya dengan diolesi krim keju atau disajikan bersama sup dan dapat juga disajikan sebagai sandwich. Ada dua jenis bagel, yakni bagel dengan taburan biji selasih warna hitam dan juga bagel dengan taburan wijen warna putih. Seiring berjalannya waktu, bagel telah memiliki varian rasa yang beragam seperti zaitun, bacon, french toast, chocolate chips, aneka buah – buahan, kayu manis, kismis dan berbagai rasa lainnya. Bagel merupakan salah satu jenis roti yang dapat bertahan lama dengan cara menyimpannya di kulkas dengan ditutup kertas dan disimpan dalam plastik, sehingga dapat bert

Roti Bagel 67

Roti Bagel 67

ahan selama lebih kurang 6 bulan. Untuk anda para sahabat siteknonusantara.com yang ingin membuat bagel sendiri dirumah, silahkan ikuti panduan dari resep berikut ini.

Bahan – bahan adonan bagel:

  1. 21 gram madu atau bisa diganti marley syrup dan juga bisa rice syrup
  2. 10.5 gram garam
  3. 3 gram ragi instan
  4. 255 gram air hangat
  5. 454 gram unbleached bread flour
Roti Bagel 63

Roti Bagel 63

Bahan – bahan untuk rebusan adonan:

  1. 7 gram garam
  2. 14 gram baking soda
  3. 28.5 madu atau barley malt syrup
  4. 272 gram air

Cara membuat bagel:

  1. Campurkan malt syrup atau madu dengan ragi, air hangat dan juga garam, aduk sampai rata, sisihkan.
  2. Dalam sebuah wadah, masukkan tepung terigu dan tuang campuran malt syrup kedalamnya lalu mixer.
  3. Bisa juga mengaduk menggunakan sendok kayu selama 3 menit sampai tercampur rata.
  4. Perhatikan agar adonan berbentuk padat dan agak kasar, serta tepung harus benar – benar tercampur rata dengan adonan cairanya, jika kurang rata bisa tambahkan dengan air hangat dan aduk rata kembali.
  5. Isitirahatkan adonan terlebih dahulu selama 5 menit.
  6. Setelah itu, kocok kembali dengan kecepatan rendah selama 3 menit lalu keluarkan adonan ke atas meja yang sudah ditaburi tepung terigu lalu uleni sampai lembut selama 3 menit sampai adonan menjadi elastis dan lembut, jika adonan masih agak lembek bisa tambahkan kembali dengan tepung.
  7. Letakkan adonan ke dalam mangkuk yang telah diolesi dengan minyak, cukup sedikit saja lalu tutup mangkuk dengan plastik dan istirahatkan adonan dalam suhu ruang selama 1 jam sampai adonan naik.
  8. Setelah adonan mengembang, siapkan loyang yang sudah dialasi dengan kertas baking lalu oles dengan sedikit minyak.

    Roti Bagel 62

    Roti Bagel 62

  9. Bagi adonan menjadi 8 bagian adonan kecil lalu bulatkan.
  10. Jangan menamburkan tepung pada loyang, jika adonan lengket saat dibentuk bulat, cukup lap meja dengan kain lembab saja.
  11. Setelah adonan selesai dibentuk bulat, ambil satu bagian adonan lalu bentuk seperti donat, dengan cara memegang adonan dengan kedua ibu jari berada di lubang dan putar dengan tangan sedikit demi sedikit sampai adonan memiliki lubang yang cukup besar sekitar 2 inch.
  12. Letakkan bagel yang sudah dibentuk ke atas loyang yang telah dialasi kertas baking, susu rapi dan tutup dengan plastik lalu simpan di dalam lemari es selama 2 hari.
  13. Keluarkan adonan dari dalam lemari es 90 menit sebelum diolah.
  14. Masukkan adonan bagel ke dalam air untuk melihat apakah adonan siap untuk direbus, jika adonan telah mengapung berarti adonan siap untuk direbus.
  15. Keringkan kembali adonan dengan baking tray.
  16. Isi panci dengan air lalu biarkan sampai mendidih.
  17. Tambahkan dengan malt syrup, garam dan baking soda ke dalam air.
  18. Masukkan adonan bagel satu persatu kedalam panci, jangan terlalu banyak memasukkan adonan.
  19. Setelah 15 detik, bagel akan mengapung, tunggu sampai 1 menit lalu balik bagel satu persatu dan teruskan merebus selama 1 menit lalu angkat dan letakkan pada loyang yang telah dialasi kertas roti dan diolesi dengan minyak tipis.
  20. Setelah adonan selesai direbus semuanya, tambahkan dengan toping sesuai selera, bisa dengan biji – bijian, bawang putih, bawang bombay atau bahan taburan lainnya sesuai selera.
  21. Masukkan kedalam oven dan panggang selama 8 menit dengan suhu 232 derajat celcius, panggang sampai matang dan berwarna agak kecoklatan.
  22. Setelah matang, dinginkan didalam rak sebelum disajikan atau diiris dan dibuat sandwich.

    Roti Bagel 64

    Roti Bagel 64

Baca Juga : Resep Kue Donat Bakar

Anda dapat mengisi bagel ini seperti sandwich dengan berbagai isian sesuai dengn selera, bisa dengan daging asap dan keju, atau isian manis seperti cream atau vla yang ditambahkan dengan buah – buahan.

Gallery of Cara Membuat Bagel Dasar Khas Eropa

Related to Cara Membuat Bagel Dasar Khas Eropa

Cara Membuat Bolu Kemojo Legit dan Sederhana

Cara Membuat Bolu Kemojo Legit dan Sederhana

Cara Membuat Bolu Kemojo Legit dan Sederhana – Salah satu resep kue tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa legit dan nikmat adalah bolu kemojo khas dari daerah Riau. Bolu kemojo ini umumnya disajikan pada beberapa acara seperti buka puasa, hajatan...
Cara Membuat Kue Timphan Camilan Khas Aceh

Cara Membuat Kue Timphan Camilan Khas Aceh

Cara Membuat Kue Timphan Camilan Khas Aceh – Timphan adalah salah satu jenis penganan yang berasal dari Aceh asli yang terbuat dari bahan utama tepung, pisang dan juga santan. Bahan bahan ini nantinya akan di campur menjadi adonan yang kental...
Cara Membuat Sagon Kelapa Bakar Renyah Gurih Sederhana

Cara Membuat Sagon Kelapa Bakar Renyah Gurih Sederhana

Cara Membuat Sagon Kelapa Bakar Renyah Gurih Sederhana – Sagon merupakan salah satu camilan atau jajanan pasar yang terbuat dari bahan utama tepung sagu atau tepung ketan dan hadir dalam banyak rasa yang sangat enak sehingga tidak heran jika camilan...
Cara Membuat Bibingka Cassava Kue Tradisional Philipina

Cara Membuat Bibingka Cassava Kue Tradisional Philipina

Cara Membuat Bibingka Cassava Kue Tradisional Philipina – Bibingka merupakan salah satu jenis kue nasi yang berasal dari Filipina dan umumnya dihidangkan pada saat hari raya Natal. Bibingka sendiri terdiri dari beberapa jenis berbeda, namun untuk jenis umumnya di bagi...
Cara Membuat Homemade Tortilla Lembut dan Mudah Digulung

Cara Membuat Homemade Tortilla Lembut dan Mudah Digulung

Cara Membuat Homemade Tortilla Lembut dan Mudah Digulung – Tortilla merupakan salah satu jenis roti yang berbentuk pipih yang terbuat dari gandum atau jagung giling namun tidak memakai ragi seperti pada resep roti lainnya. Tortilla terbuat dari adonan yang berair...

Copyright © 2015-2016 by 9000 Resep Masakan Enak Dan Lezat. All Right Reserved. About - Contact - Disclaimer - Privacy Policy - Sitemap - TOS

error: Content is protected !!